Manfaat Dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan ibu hamil sangatlah banyak. Jahe memiliki rasa pedas yang disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Rasa pedas inilah yang berperan untuk menghangatkan tubuh, apalagi jika dikonsumsi ketika cuaca dingin. Jahe, selain dijadikan sebagai bahan masakan juga biasanya dijadikan minuman penghangat tubuh. Minuman olahan jahe yang bisa kita jumpai berupa bandrek atau sundrek.

Manfaat Dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Lalu Apa Saja Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil ?

Nah berikut ini manfaat yang dapat anda peroleh dari tanaman jahe :

  • Dengan kandungan senyawa yang baik yang terdapat pada jahe, membuat jahe juga berkhasiat bagi Ibu hamil. Ya, jahe selain mengurangi terjadinya morning sickness pada Ibu hamil muda juga dapat membentuk kekebalan tubuh janin yang dikandung di dalam perut Ibu hamil karena kandungan vitamin C di dalam jahe.
  • Jahe juga mengandung asam folat yang dapat mencegah resiko bayi cacat lahir. Bagi Ibu hamil, sebaiknya konsumsi jahe alami dan bukan berupa suplemen atau obat-obatan herbal yang dijual bebas di pasaran.

Terbagi berapa bagian jenis jahe ?

Jahe yang di pasarkan memang sangat banyak dan berikut ini jenis-jenis jahe yang tentunya baik untuk kesehatan ibu hamil :

  • Jahe badak

Jahe badak ini biasanya kita jumpai di pasaran internasional. Jahe badak berbentuk besar dan gemuk dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Sedangkan daging rimpangnya berwarna kuning hingga putih.

  • Jahe merah

Jahe merah merupakan sejenis jahe yang memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dengan rasa yang paling pedas diantara semua jenis jahe. Jahe merah ini cocok sekali dijadikan sebagai bahan dasar jamu maupun ramuan farmasi lainnya. Ukuran rimpangnya paling kecil dan berwarna merah. Jahe ini memiliki serat yang lebih besar dibandingkan jahe biasa.

Manfaat jahe merah bagi kesehatan tak lain dikarenakan kandungan minyak atsirinya yang paling banyak diantara jahe lainnya. Sehingga jahe merah ini kerap kali digunakan sebagai obat tradisional.

  • Jahe kuning

Jahe kuning merupakan jahe yang sering kita jumpai di pasaran. Jahe ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Jahe ini memiliki rasa dan aroma yang cukup tajam. Jahe kuning memiliki ukuran rimpang yang sedang dan berwarna kuning. Jahe ini juga seringkali dijadikan olahan minuman jahe. Dalam artikel kali ini, kita akan lebih banyak membahas jahe kuning ini yang sering kita jumpai di pasar tradisional.

Apapun jenis jahenya tetap sangat berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Semoga artikel di atas mengenai manfaat dan khasiat jahe bagi ibu hamil dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba !!!

Artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *