Macam – Macam Nyeri Yang Dirasakan Ibu Hamil

Macam – Macam Nyeri Yang Dirasakan Ibu Hamil

Macam – Macam Nyeri Yang Dirasakan Ibu Hamil | Ibu hamil memang sangat rentan sekali terkena penyakit, seperti halnya dengan bayi yang masih sangat kecil yang sangat rentan terkena penyakit.

Seringkali keluhan-keluhan tersebut menimbulkan kekhawatiran pada bumil dan pasangannya. Harus diwaspadai adalah bila ternyata keluhan yang dirasakan terjadi akibat perubahan yang tidak normal atau patologis.

Macam – Macam Nyeri Yang Dirasakan Ibu Hamil

Diantara nyeri atau keluhan keluhan tersebut sangat bermacam- macam mungkin hal itu tergantung dengan daya tahan tubuh nya sendiri. Ibu hamil memang sangat terlihat capek dan lemas mungkin itu akibat efek dari kandungan yang dialaminya, apalagi bila ibu hamil yang sudah memasuki kandungan kehamilan tua, mereka seolah olah membawa beban yang sangat berat yang membatasi aktifitas dirinya.

Perut kontraksi selama mengandung memang lumrah dirasakan para ibu hamil. Hanya saja, terkadang ketika kontraksi dirasakan berlebihan, banyak pula ibu hamil yang khawatir dan gamang apakah kontraksi yang ia rasakan normal atau tidak.

Berikut adalah keluhan – keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil, yang membuat mereka merasa tidak nyaman, diantaranya adalah :

1. Meriang, Tidak Enak Badan

Saat hamil muda hingga masuk trimester ke-2, bumil seringkali merasakan badannya agak meriang. Meriang dirasakan seperti saat seseorang tidak enak badan atau sedang mau sakit flu. Hal ini terjadi akibat perubahan hormonal selama hamil. Perubahan hormonal ini menimbulkan peningkatan jumlah aliran darah di permukaan kulit sehingga menimbulkan sensasi meriang. Tidak ada penanganan khusus untuk keluhan ini. Konsumsi banyak cairan akan sangat membantu untuk mengatasi kehilangan cairan akibat penguapan tubuh. Harus diwaspadai bila meriang yang dirasakan hingga menggigil atau merasakan dingin tiba sampai menggigil. Segera lakukan pengukuran suhu tubuh dengan termometer dan segera ke dokter.

2. Rasa “Nyut-Nyutan” Diperut Bawah

Rasa nyut-nyutan atau kadang agak kencang di bagian kanan atau kiri dari perut bawah biasa dirasakan di umur kehamilan >16 minggu. Hal ini terjadi akibat rahim semakin membesar dan menimbulkan peregangan pada otot-otot di sekitar rahim. Kadang sensasi kencang atau nyut-nyutan tersebut dirasakan saat posisi tertentu, misalnya saat jongkok atau duduk ke berdiri, bangun dari tidur, selesai mencuci pakaian, dll. Selama sensasi tersebut hanya timbul sesekali saja, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Harus diwasapadai bila sensasi dirasakan lebih sering dan teratur (tidak dipengaruhi posisi tertentu), apalagi ditandai dengan keluarnya darah dari jalan lahir.

3. Kembung Dan Susah Buang Air Besar

Dalam kehamilan, rasa kembung dan begah adalah normal. Kadang hal ini pulalah yang membua bumil tidak bisa makan banyak. Hal ini juga terjadi akibat perubahan hormonal yang menimbulkan pergerakan usus menjadi lambat. Perlambatan pergerakan usus menimbulkan gangguan pengosongan lambung dan pergerakan sisa makanan dan udara dalam usus. Hal inilah yang menimbulkan begah dan kembung. Perasaan begah, kembung dan mual yang berlebihan pada trimester ke-2 dan ke-3 harus diwaspadai karena bisa merupakan gejala sakit maag, hepatitis dan masalah lain di empedu. Segera berobat ke dokter bila anda mengalami hal ini.

4. Kulit Kencang Atau Gatal

Peregangan pada kulit perut dan payudara terjadi karena pembesaran rahim dan payudara akibat kehamilan. Peregangan tersebut menimbulkan sensasi gatal pada kulit. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa, menggaruk perut dan payudara bukanlah ide yang baik. Diduga bahwa menggaruk perut dan payudara dapat mempermudah timbulnya stretch mark pada kulit. Stretch mark bersifat genetik atau bawaan sehingga susah dicegah, namun bila anda penasaran, maka dapat mencoba berbagai pelembab untuk kulit bumil. Aplikasikan pelembab tersebut segera setelah bumil tahu sedang mengandung, dan terus diaplikasikan hingga perut sudah mengempis dan kembali seperti sedia kala.

5. Keram-Keram Atau Kencang Di Perut Bawah

Pada trimester ke-3 akan muncul kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi ini dirasakan hilang timbul dan tidak semakin sering. Kadang kalau ibu berjalan-jalan, maka kontraksinya akan hilang. Kontraksi harus diwaspadai terutama bila semakin sering dan disertai dengan keluar darah dan keluar air dari jalan lahir. Mungkin saja tanda persalinan sudah dimulai.

6. Sakit Pinggang

Perubahan postur tubuh ibu terjadi akibat semakin membesarnya rahim. Bentuk tulang punggung juga mengalami perubahan sehingga seringkali bumil jadi susah berjalan atau berjalan seperti bebek. Hal ini adalah normal, dan seringkali menjadi penyebab nyeri pinggang pada bumil terutama yang sudah hamil tua. Hal ini normal terjadi pada bumil oleh karena itu sangat dianjurkan untuk bumil paham bahwa perubahan ini adalah proses normal yang harus disyukuri karena berarti adik bayi berhasil bertahan dan berkembang dalam sempitnya rahim.

7. Kaki Bengkak

Merupakan kejadian yang sering dialami oleh ibu hamil, sehingga saat ini kriteria kaki bengkak sudah tidak lagi digunakan untuk menunjukkan suatu keadaan darah tinggi dalam kehamilan. Kaki bengkak terjadi akibat penimbunan cairan pada tubuh wanita hamil dan penekanan dari pembuluh darah besar di dasar panggul oleh bagian-bagian dari bayi. Kaki bengkak terjadi pada saat berdiri lama, ataupun duduk terlalu lama. Gejala yang sering dirasakan terutama adalah saat bumil merasakan sepatu yang biasa dipakai tiba-tiba menjadi lebih sempit dari biasanya. Untuk mengatasinya adalah dengan menaikkan kaki dengan bantal saat tidur malam, serta bila harus menempuh perjalanan jauh, usahakan untuk beristirahat dan berjalan-jalan untuk mencegah kaki bengkak dan timbulnya varises.

Itulah beberapa keluhan atau nyeri-nyeri yang dirasakan oleh ibu hamil, semua itu dapat terjadi pada semua ibu hamil. Oleh karena itu kita harus mewaspadai akan hal – hal tersebut agar kesehatan kita dan bayi dalam kandungan pada ibu hamil akan selalu sehat dan terjaga dengan baik. Namun kami akan memberikan beberapa solusi untuk anda sebaiknya mengkonsumsi obat yang kami rekomendasikan ini, karena memang obat ini dapat membantu mengobati penyakit berbagai ibu hamil, contoh penyakit – penyakit seperti diatas.untuk mengetahui lebih tenatang obat ini, silahkan anda klik disini.

Macam – Macam Nyeri Yang Dirasakan Ibu Hamil

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Obat Mengobati Persendian Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *