Inilah Penyebab Ibu Hamil Sering Gatal-Gatal

Inilah Penyebab Ibu Hamil Sering Gatal-Gatal

Inilah Penyebab Ibu Hamil Sering Gatal-Gatal | Memang sudah lazim sekali para ibu hamil merasakan gatal atau ruam yang menggangu aktifitas mereka, ditambah lagi bagi mereka ibu hamil yang sedang dalam kandungan masa tua antara 8-9 bulan yang berindikasikan perut mulai membesar yang membuat sulit beraktifitas dan ditambah dengan kelelahan yang di alami.

Inilah Penyebab Ibu Hamil Sering Gatal-Gatal

Tidak  jarang seorang wanita yang sedang hamil mengalami gatal pada kulitnya, yang dimaskud gatal disini yaitu gatal yang timbul ketika sedang hamil yang sebelum hamil tidak ada gangguan gatal pada kulit sama sekali.

Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda para ibu hamil untuk mengetahui sebab akibat timbulnya gatal gatal pada ibu hamil yang membuat aktifitas kita menjadi terganggu. Sebab sebab itu mungkin terbilang hal sepele namun itulah yang diarasakan ibu hamil saat mengandung.

Area tubuh yang paling gatal biasanya pada bagian perut dan payudara. Bila yang kamu rasakan adalah gatal-gatal ringan, pada umumnya dianggap hal normal. Hampir 25 persen ibu hamil mengalami rasa gatal, namun bila gatal sudah parah dan mencakup hampir seluruh permukaan kulit tubuh, maka kamu tidak boleh mengabaikannya karena ada kemungkinan disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius.

Gatal yang ringan sering terjadi selama kehamilan dan sebagian hal ini wajar karena adanya peningkatan  suplai darah ke kulit. DIsamping itu, seiring dengan bertambah besarnya rahim, kulit perut akan meregang (tertarik), hal ini juga bisa menimbulkan rasa gatal.

Berikut adalah beberapa penyebab gatal pada ibu hamil. Di antaranya :

  • Kulitmu kering.
  • Terjadi perubahan hormon yang menimbulkan rasa tidak nyaman, termasuk gatal pada tangan, telapak tangan, kaki, serta perut.
  • Terjadi peningkatan suplai darah ke kulit.
  • Melebarnya jaringan di bawah lapisan kulit seiring membesarnya kandunganmu.
  • Iritasi kulit akibat infeksi jamur maupun gigitan tungau.
  • Kondisi medis pada kulit yang umum terjadi, seperti eksim. Ketika kamu hamil, datangnya eksim lebih sulit diperkirakan. Bahkan kamu bisa mengalami eksim untuk pertama kalinya. Sementara itu, bila sebelumnya kamu sudah pernah mengalami eksim, kondisi tersebut bisa membaik atau justru memburuk pada masa-masa kehamilan.
  • Sebagian wanita dapat mengalami palmar erythema atau memerahnya bagian telapak tangan yang kadang disertai rasa gatal. Penyebab kondisi ini sendiri adalah meningkatnya kadar hormon estrogen selama kehamilan.

Gejala Gatal – Gatal

Gejala utamanya adalah gatal yang bersifat umum dan berat, artinya mengenai hampir seluruh tubuh ibu hamil, biasanya tanpa adanya ruam, paling sering terjadai pada empat bulan terakhir kehamilan. Namun beberapa ibu hamil yang gatal memiliki ruam parah. Bagi beberapa ibu hamil dengan OC, gatal terjadi terus menerus (non-stop) atau tak tertahankan, dan bisa lebih buruk di malam hari. Gatal juga  bisa dominan pada telapak tangan dan telapak kaki. Gejala lain yang dapat diamati termasuk urin yang berwarna gelap, sakit kuning (warna kuning pada kulit dan sklera -bagian putih- mata) dan buang air besar dengan feses pucat (seperti dempul). Obstetric cholestasis didiagnosis melalui wawancara (anamnesis) riwayat medis dan keluarga serta pemeriksaan fungsi hati.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Gatal yang Muncul?

  • Ketika kamu merasakan gatal ringan, cobalah untuk melakukan beberapa langkah penanganan berikut ini.
  • Usapkan losion calamine di area kulit yang gatal. Krim ini umumnya aman digunakan oleh ibu hamil untuk mengurangi rasa gatal.
  • Hindari suhu panas. Termasuk jangan mandi dengan air panas, terpapar sinar matahari terik secara langsung, maupun memakai baju yang menjadikanmu gerah. Suhu panas dapat membuatmu lebih rentan merasa gatal. Di samping itu, suhu yang terlalu panas juga tidak baik untuk bayimu.
  • Hindari produk pembersih dengan kandungan parfum maupun detergen yang kuat karena bisa membuat kulitmu kering atau iritasi, serta lebih mudah memunculkan rasa gatal. Sebaliknya, gunakan sabun lembut yang bisa melembapkan kulit atau sabun dengan kandungan pH seimbang.
  • Segarkan kembali kulitmu dengan krim pelembap yang tidak mengandung pewangi atau parfum.
  • Bila kamu mengalami eksim, konsultasikan kepada dokter tentang krim ataupun salep yang aman untuk digunakan.

Namun bila hal itu sudah dilakukan namun rasa gatal tetap saja tidak ada perkembangan alangkah baiknya anda mengkonumsi obat herbal yang kami rekomendasikan yaitu obat untuk mengobati rasa gatal-gatal, obat ini memang di formulasikan untuk itu, obat yang kami maksud adalah Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber.

Inilah Penyebab Ibu Hamil Sering Gatal-Gatal

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Obat Gatal Terbaik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Saat Sedang Gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *