Ibu Hamil, Awas Jangan Kelebihan Asam Folat

Ibu Hamil, Awas Jangan Kelebihan Asam Folat

Ibu Hamil, Awas Jangan Kelebihan Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 nutrisi penting memainkan peran penting dalam produksi eritrosit, janin. Asam folat juga membantu pengembangan dukungan pengembangan tabung saraf janin akan menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Namun, perlu diketahui bahwa tergantung pada dosis, asam folat memiliki derajat yang berbeda keamanan bagi kehamilan.

Baca Juga : Obat Herbal Ibu Hamil

Tergantung pada usia dan kondisi wanita, dosis yang dianjurkan, suplemen asam folat yang dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Sebaliknya, dosis yang lebih tinggi mungkin tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Dalam kasus defisiensi asam folat, ibu mungkin memiliki anemia, kekurangan bersyarat dari sel darah merah yang sehat dapat terjadi. Kekurangan asam folat selama kehamilan, yang tidak mempengaruhi ibu saja, dapat memiliki efek serius pada janin, mengakibatkan cacat neurologis pada janin. Rintangan adalah sebagai berikut :

  • Anensefali (anencephaly), yaitu ketidaksempurnaan pembentukan otak bagian utama. Bayi yang dengan kelainan ini biasanya tidak akan bertahan lama.
  • Spina bifida, yaitu tidak sempurnanya pembentukan sumsum tulang belakang atau tulang belakang. Bayi dengan kondisi kelainan seperti ini bisa mengalami cacat permanen.

Risiko Mengalami Autisme

Asam folat berlebihan, di sisi lain, terkait dengan peningkatan risiko anak yang lahir dengan autisme. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat yang sangat tinggi dari perempuan asam folat pada saat lahir lebih mungkin untuk memiliki anak autis dibandingkan wanita dengan kadar folat normal.

Para peneliti juga menemukan bahwa kadar yang berlebihan vitamin B12 wanita hamil cenderung memiliki anak autis, mungkin lebih dari tiga kali lebih mungkin. Bahkan, wanita hamil sama menderita kelebihan asam folat vitamin B12 17 kali risiko bayi lahir dalam keadaan autis. Sayangnya, penelitian ini tidak menjelaskan bagaimana wanita dapat memiliki kadar tinggi asam folat berlebih dan vitamin B12 dalam tubuh saat lahir. Namun, data penelitian mengatakan bahwa kondisi ini mungkin disebabkan oleh vitamin atau diet selama kehadiran kelainan genetik yang menyebabkan kehamilan dan menyebabkannya. Risiko ini sendiri membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga : Bagusnya Yoga Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumlah Asam Folat Yang Tepat

Bahkan semua wanita dalam rentang usia 15-45 tahun dianjurkan untuk mengambil sebanyak asam folat 0,4 miligram atau 400 mikrogram per hari sebelum hamil. Sebagai spina bifida dan anencephaly (anencephaly), kami bertujuan untuk mencegah cedera parah pada bayi. Spesies ini cacat lahir terjadi sangat awal kehamilan, meskipun sebagian besar wanita menyadari bahwa dia hamil, tiga sampai empat minggu setelah pembuahan. cukup asupan asam folat dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf dengan 50%.

Asam folat, yang, dapat ditemukan secara alami dari beberapa makanan:

  • Sayuran hijau dan kuning seperti bayam, keel dll Setengah cangkir bayam yang dimasak mengandung sekitar 115 mikrogram asam folat.
  • Buah jeruk, lemon, jeruk dan anggur.
  • Kacang-kacangan.
  • Seluruh sereal yang terbuat dari sereal gandum, roti, nasi, pasta dan biji-bijian.
  • Lentil. Setengah cangkir kacang kacang rebus mengandung 179 mikrogram asam folat.

Namun sayangnya tubuh tidak dapat dengan mudah menyerap nutrisi asam folat dari makanan alami dengan mudah menyerap dari suplemen asam folat. Itulah mengapa penting untuk mengambil asam dan vitamin folat suplemen sehari-hari.

Baca Juga : Obat Herbal Ibu Hamil

Efek Samping Konsumsi Suplemen Asam Folat

Pada umumnya mengkonsumsi asam folat cukup aman. Namun, bagi sebagian orang, asam folat dapat menimbulkan efek samping seperti :

  • Perut kembung.
  • Sulit tidur.
  • Mual.
  • Kurang nafsu makan.
  • Merasa tertekan ataupun terlalu bersemangat.
  • Ada rasa yang aneh di mulut.

Selain itu, efek samping lainnya adalah meningkatnya risiko terkena kanker usus besar atau rektum bila mengonsumsi asam folat dalam dosis yang sangat tinggi. Meskipun hal itu jarang terjadi.

Tanda-Tanda Kelebihan Asam Folat Pada Ibu Hamil

  • Menurunnya konsentrasi.
  • Mudah lelah.
  • Badan lemas.
  • Kebingungan.
  • Kesemutan atau mati rasa.

Jika ibu Anda alergi terhadap asam folat, merasa bahwa ibu memiliki anemia atau pengalaman anemia, atau jika Anda sangat peduli, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen asam folat. asupan harian asam folat pada saat yang sama untuk mencegah amnesia dan mengkonsumsi lebih dari 2 kali. Jika ibu saya sudah lupa jadwal folat minum, untuk menghindari overdosis obat, jangan dua kali lipat jumlah berikutnya pada jadwal pada waktu yang sama.

Baca Juga : Inilah Obat Maag Terbaik Untuk Ibu Hamil

One thought on “Ibu Hamil, Awas Jangan Kelebihan Asam Folat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *