Bolehkan Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas ?

Bolehkan Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas ?

 

Nah bagi ibu hamil pertanyaan seputar ini “ bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas ? “ tentunya menjadi pertanyaan besar, karena tak sedikit ibu hamil yang selalu ingin mengkonsumsi makanan pedas, akan tetapi mereka juga takut dengan kondisi kehamilan termasuk pada janin yang di kandungnya.

bl

Sebagian orang berpendapat jika tanpa rasa pedas, makanan menjadi kurang lezat. Namun jika Anda sedang hamil, mungkin akan bertanya-tanya, apakah itu aman bagi bayi dalam kandungan.

Makanan pedas tidak membahayakan janin dalam kandungan, namun meskipun demikian makanan pedas bisa mempengaruhi si ibu hamil. Sementara mungkin banyak wanita hamil yang bisa mentolerir makanan pedas tanpa masalah, namun bagi yang lain bisa menyebabkan mulas atau berbagai masalah pencernaan lainnya. Makanan pedas mungkin bisa memperburuk kondisi morning sickness, terutama yang tidak perutnya tidak mampu menerima rempah atau bumbu tertentu terutama yang pedas seperti cabe rawit atau merica. Perlu diketahui juga bahwa ibu hamil perlu mengkonsumsi bermacam makanan sebagai bagian dari diet seimbang selama kehamilan, yaitu untuk memastikan bahwa ibu hamil dan bayi menerima nutrisi yang sangat di butuhkan.

  • Aman untuk Bayi dalam kandungan

Para pakar medis sepakat bahwa makanan yang pedas masih aman dikonsumsi selama kehamilan. Makanan pedas tidak akan membahayakan bayi, bahkan mungkin justru membantu bayi untuk mengembangkan rasa untuk rempah-rempah tertentu untuk kemudian hari setelah tumbuh dewasa. Meskipun sebagian besar hidangan masakan yang pedas aman dikonsumsi selama kehamilan, namun sangat penting untuk diperhatikan adalah menghindari daging, unggas, seafood yang kurang matang, atau produk susu yang tidak dipasteurisasi. Ikan dengan jejak merkuri yang tinggi juga harus dihindari, termasuk ikan todak, marlin, hiu dan makerel/tengiri. (__ baca juga : Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil). Jika Anda makan di rumah makan, jangan lupa minta pelayan untuk tidak memasukkan makanan-mananan tersebut, karena diketahui bisa menyebabkan bayi cacat lahir.

  • Mungkin bisa memperparah kondisi Morning Sickness

Tidak sedikit bagi ibu hamil mengalami morning sickness selama awal bulan kehamilan. Gejala morning sickness adalah termasuk mual, sakit perut, atau bahkan hingga muntah, yang diakibatkan oleh perubahan hormon. Makanan dan bau tertentu bisa memicu rasa mual, yang mungkin bisa membuat sulit atau bahkan tidak mungkin bisa makan pedas atau bahkan bau dari makanan pedas. Menghindari makanan pedas di trimester awal kehamilan mungkin perlu, karena makanan pedas bisa memperburuk kondisi morning sickness. Banyak wanita hamil dengan morning sickness, namun kembali normal setelah trimester pertama.

  • Bisa menyebabkan mulas

Meskipun makanan pedas aman-aman saja dikonsumsi selama kehamilan, namun ibu hamil harus menghindarinya jika mengalami mulas atau masalah pencernaan lainnya setelah makan. Makanan pedas sangat mungkin bisa menyebabkan mulas dan asam lambung yaitu dua masalah umum yang terjadi pada bulan-bulan akhir kehamilan. Jika Anda memilih makan makanan yang pedas, sebaiknya dikombinasikan dengan segelas susu untuk membantu meminimalkan mulas. Satu sendok makan madu juga bisa membantu mencegah sakit maag setelah makan sajian kuliner pedas.

Itulah artikel mengenai Bolehkan Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas ?, semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda. Ingatnya sebaiknya bila ingin mengkonsumsi makanan pedas, jangan terlalu berlebihan, karena menurut riset kesehatan yang berlebihan belum tentu baik untuk kesehatan anda.

Artikel lainnya :

Benarkah Saat Hamil Kurang Tidur Dapat Membahayakan Perkembangan Bayi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *